News & Promo

(Indonesia) Jenis-jenis Bus Scania Coach dan Kelebihannya untuk Bus Antar Kota dan Pariwisata

16 March 2023

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

United Tractors, Jakarta – Scania merupakan perusahaan manufaktur yang berasal dari Swedia, didirikan tahun 1891. Perusahaan ini fokus pada manufaktur kendaraan komersial, utamanya truk dan bus.

Tahun 2014, PT United Tractors Tbk terpilih sebagai satu-satunya distributor yang menjual produk bus Eropa Scania di Indonesia. Sudah banyak perusahaan transportasi yang menggunakan bus dari Scania. Saat ini, ada 2 tipe bus Scania yang dipasarkan di Indonesia, yaitu Scania Coach dan City Bus. Di bawah ini adalah keunggulan dan fitur-fitur utama dari dua tipe Scania Coach yang hadir di Indonesia.

Scania Coach
United Tractors jual bus Indonesia Scania Coach yang merupakan bus pariwisata dan bus antar kota, atau biasa dikenal dengan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). Scania Coach mampu mengangkut penumpang dalam jumlah besar melalui jalur darat. Scania Coach dapat diandalkan untuk dijadikan transportasi jarak jauh. Saat ini ada 2 tipe Scania Coach, yaitu K360CB-4×2 dan K410CB-6×2*4.

Bus K360CB-4×2 cocok digunakan untuk alat transportasi publik antar kota atau digunakan sebagai bus pariwisata. Memiliki panjang 12 m dan dilengkapi dengan mesin bertenaga 360 HP serta transmisi Opticruise, transmisi yang membuat pengemudi bisa berbelok dan menggerakkan bus dengan lembut dan lancar. Penumpang pun akan merasa lebih nyaman selama perjalanan.

Baca Juga: Hanya di United Tractors, Jual Bus Indonesia dari Scania yang Sempurna untuk Transportasi

Bus ini sangat ramah lingkungan karena menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan pula, dimana dapat mencapai bahan bakar B100 Biodiesel, dengan konsumsi bahan bakar yang rendah. Kapasitas mesinnya 9.000 cc. Suspensi udaranya membuat penumpang makin nyaman, sementara sistem rem ABS dan EBS membuat perjalanan semakin aman.

Tipe yang kedua Bus K410CB-6×2*4 didesain untuk transportasi publik dengan panjang 13.5 m. Mesinnya juga menggunakan transmisi Opticruise yang membuat belokan serta berbagai gerakan bus di jalan semakin lembut. Saat harus mengubah kecepatan pun perpindahan giginya akan terasa lebih halus.

Mesin yang digunakan juga ramah lingkungan, dan dapat menggunakan bahan bakar hingga B100 Biodiesel dengan kapasitas 13.000 cc, sehingga konsumsi bahan bakarnya pun rendah. Kedua tipe bus ini juga sudah memiliki mesin dengan standar emisi Euro 5, di mana untuk mencapai standar emisi ini Scania juga menyematkan teknologi Selective Catalytic Reduction (SCR). Teknologi ini bekerja dengan cara menyemprotkan cairan katalis yang mengubah gas buang NOX menjadi gas nitrogen dan uap air yang tidak berbahaya bagi udara, dengan kadar emisi yang turun dari 85%-95%

Bus ini dilengkapi dengan Scania Fleet Management (FMS), sistem monitor real time, yang bisa diakses di situs Scania ataupun aplikasi mobile-nya. Selain itu, ada Scania Driver Support (On Board Driver Coaching) yang memberi saran pada pengemudi agar bisa mengemudi lebih aman dan efisien. Fitur ini dapat dilihat pada instrumen panel pengemudi yang telah memiliki desain terbaru. Instrumen panel berwarna ini juga sudah tersedia dalam bahasa Indonesia, untuk dapat memudahkan pengemudi dalam berkendara dan melakukan perawatan pada bus ini.

Kelebihan Scania Coach K360CB-4×2 & K410CB-6×2*4
Kedua tipe bus Eropa Scania Coach ini termasuk dalam kategori bus premium yang fasilitasnya mengedepankan keamanan dan kenyamanan penumpang serta pengemudi dengan standar yang terbaik di kelasnya. Untuk fitur keamanan dilengkapi dengan Electronic Braking System (EBS) dan Anti-Lock Braking System (ABS). Serta ada Electronic Stability Program (ESP), Hill Hold, dan Overturn Protection untuk menjaga stabilitas bus saat berjalan dan dapat lebih stabil di berbagai medan.

Baca Juga: Mengenal Berbagai Produk Scania dari Distributor Trucks dan Bus Indonesia, United Tractors

Agar berkendara makin nyaman, Scania juga menghadirkan transmisi Opticruise dan suspensi udara yang membuat penumpang tetap nyaman meski melewati jalanan yang tidak rata sekalipun. Guncangan tidak akan begitu terasa dengan adanya fitur ini.

Tentu saja, kedua tipe mesin Scania Coach juga menjadi kelebihannya. Tenaga yang dihasilkan sebesar 360 HP dan 410 HP, sangat bertenaga tapi tetap ramah lingkungan karena sudah dilengkapi dengan fitur yang membuat konsumsi bahan bakarnya lebih efisien. Berkendara di atas bus Scania sangat nyaman, baik untuk perjalanan jarak dekat maupun jarak jauh.

Layanan Purna Jual Prima
Berencana menggunakan bus Scania untuk perjalanan atau bisnis Anda? Temukan jenis yang paling sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa menghubungi UT Call di nomor 1 500 072 untuk layanan konsultasi 24 jam dan informasi layanan purna jual.

Related News & Promo

What is Ad Blue? Get to Know Its Definition and Benefits
Distributor Bus, United Tractors

What is Ad Blue? Get to Know Its Definition and Benefits

Continue reading
(Indonesia) Inovasi Terdepan United Tractors dalam Mengolah Alat Berat Bekas
United Tractors

(Indonesia) Inovasi Terdepan United Tractors dalam Mengolah Alat Berat Bekas

Continue reading
Get to know Euro Emission Standards for Vehicles, Especially European Buses and Trucks
Distributor Bus, Scania, United Tractors

Get to know Euro Emission Standards for Vehicles, Especially European Buses and Trucks

Continue reading
Get to Know UD Trucks Dump Truck Classification Based on the Vessel
United Tractors

Get to Know UD Trucks Dump Truck Classification Based on the Vessel

Continue reading
logo-ut-connect logo-ut-connect logo-ut-connectlogo-ut-connect logo-ut-connectlogo-ut-connect icon-arrow

We use cookies to enhance and personalize your browsing experience.
By using our microsite and services, you consent to the use of the cookies.

Accept Decline