News & Promo

(Indonesia) Duet Hebat Produk Komatsu untuk Hasil Optimal Proses Menambang

01 August 2018

Sorry, this entry is only available in Indonesia.

Pada pertambangan terdapat beberapa tahapan proses yang harus dilakukan untuk mendapatkan material tambang yang diinginkan. Tahapan proses yang dilakukan antara lain; pembersihan lahan (land clearing), pengupasan tanah pucuk (top soil removal), pemompaan air tambang (jika terdapat genangan air di pit), penggalian tanah penutup (overburden removal) dan penambangan material.

Pada tahapan proses pengupasan tanah pucuk (top soil removal), United Tractors memiliki pasangan armada alat berat yang tangguh dan produktif yaitu Komatsu articulated dump truck HM400-3R dan Komatsu hydraulic excavator PC400LCSE-8R. Tahapan proses pengupasan tanah pucuk (top soil removal) akan dilakukan sampai pada batas lapisan subsoil, yaitu pada kedalaman lapisan batuan penutup (tidak mengandung unsur hara).

Kegiatan pengupasan tanah pucuk ini dapat menggunakan alat berat Komatsu hydraulic excavator PC400LCSE-8R untuk kemudian diangkut oleh Komatsu HM400-3R ke lokasi penimbunan yang telah ditentukan biasanya dikenal dengan istilah top soil bank.

Komatsu hydraulic excavator PC400LCSE-8R
Penggunaan alat type Komatsu hydraulic excavator PC400LCSE-8R sebagai armada angkutan pada tahapan proses ini sangat menguntungkan karena produk ini memiliki tingkat konsumsi bahan bakar yang rendah dengan produktifitas yang tinggi. Produk ini dilengkapi dengan standart bucket berkapasitas 3.00 m3 dan mesin Komatsu SAA6D125E-5 yang menghasilkan output 275 Kw (345 HP). Selain itu, terdapat penambahan main filter dan water separator sebagai standart spesifikasi untuk melawan bahan bakar yang tidak baik sehingga memiliki kehandalan dan daya tahan yang istimewa.

Komatsu articulated dump truck HM400-3R
Sebagai pasangan kerjanya, Komatsu articulated dump truck HM400-3R sangat tepat digunakan karena memiliki salah satu keunggulan yaitu Komatsu Traction Control System (KTCS) sehingga dapat beroperasi pada area kerja yang cukup berat dengan tingkat kekerasan tanah yang lunak contohnya medan berlumpur. KTCS merupakan suatu sistem traksi kontrol yang bekerja secara otomatis (tanpa pedal atau switch) berdasarkan masukan data dari putaran roda sebelah kanan dan kiri, data kecepatan akselerasi dari unit, serta data dari articulation sensor (pendeteksi unit keadaan sedang berbelok).

Data-data masukan tersebut akan diolah oleh controller yang kemudian memberi perintah ke brake system untuk mengurangi putaran salah satu roda yang berputar lebih cepat sehingga pada akhirnya tidak ada terjadi perbedaan putaran roda kiri dan kanan (tidak terjadi slip).

Selain KTCS masih ada banyak fitur lain dari Komatsu HM400-3R, diantaranya adalah Payload Meter (PLM) sebagai standart spesifikasi, KOMTRAX system dan ECO guidance system untuk kemudahan monitoring performance dan perawatan unit .

Komatsu HM400-3R memiliki produktivitas tinggi dengan kapasitas vessel maksimum 24.0 m3 (heaped) dan payload 40.0 ton. Keunggulan utama dari HM400-3R adalah konsumsi bahan bakar yang lebih rendah hingga mencapai 14 % jika dibandingkan dengan produk sebelumnya Komatsu HM400-2R. Penggunaan mesin Komatsu SAA6D140E-5 dengan power output 338kW (453 HP) semakin memberikan performance yang luar biasa, sehingga didapat efisiensi mesin yang optimal.

Penggunaan pasangan armada yang tepat pada tahapan proses penambangan dapat memaksimalkan kinerja alat dan mempersingkat waktu pengerjaan. Oleh karena itu sebagai mitra bisnis pelanggan, United Tractors selalu berusaha memberikan pemahaman bisnis secara komprehensif demi keberhasilan pelanggan dalam menjalankan usahanya.

Related News & Promo

3 Types of Komatsu Hydraulic Excavators from United Tractors
Komatsu

3 Types of Komatsu Hydraulic Excavators from United Tractors

Continue reading
How Excavator Backhoe Loaders Work for Heavy Construction Equipment
Komatsu

How Excavator Backhoe Loaders Work for Heavy Construction Equipment

Continue reading
Komatsu PC200-10M0 CE: Fuel-Efficient & High Productivity Excavator
Komatsu

Komatsu PC200-10M0 CE: Fuel-Efficient & High Productivity Excavator

Continue reading
New Generation Big Loader Excavator from United Tractors and Komatsu
Komatsu

New Generation Big Loader Excavator from United Tractors and Komatsu

Continue reading
logo-ut-connect logo-ut-connect logo-ut-connectlogo-ut-connect logo-ut-connectlogo-ut-connect icon-arrow

We use cookies to enhance and personalize your browsing experience.
By using our microsite and services, you consent to the use of the cookies.

Accept Decline