News & Promo

(Indonesia) Tips Maintenance Alat Berat dan Cara Mudahnya

04 April 2023

Sorry, this entry is only available in Indonesia.

tips-maintenance-alat-berat-dan-cara-mudahnyaUnited Tractors, Jakarta – Sama seperti kendaraan bermotor, alat berat juga membutuhkan perawatan agar performanya tetap baik dan terjaga. Seperti apa perawatan dan pemeliharaan alat berat? Temukan info selengkapnya berikut ini.

Tips Menjaga Alat Berat
Alat berat dan kendaraan bermotor pada dasarnya sama, meskipun alat berat komponennya tentu lebih banyak dan rumit. Berikut adalah beberapa tips perawatan alat berat yang penting untuk diperhatikan:

Cek Mesin Tiap Kali Akan Dioperasikan
Sebelum mengoperasikan alat berat, sebaiknya tidak langsung digunakan begitu saja. Demi keselamatan kerja, sebaiknya mesin dicek terlebih dahulu. Caranya, hidupkan mesin lalu perhatikan bunyinya, apakah normal atau ada yang berbeda? Apakah ada getaran yang tidak seperti biasanya? Kalau normal, alat berat bisa langsung digunakan. Tapi kalau ada yang berbeda, sebaiknya diperiksa lebih lanjut.

Bersihkan Mesin Secara Berkala
Mesin alat berat harus dibersihkan secara berkala. Biasanya alat berat digunakan untuk proyek, entah itu konstruksi, pertambangan, pembuatan jalan, dan lain sebagainya. Kotoran mudah masuk lewat berbagai celah dan menempel di berbagai area mesin. Kalau kotoran dibiarkan, ini bisa mengendap dan mengganggu kerja alat berat. Jadi gunakan lap basah untuk membersihkan permukaan mesin.

Baca Juga: Nyamannya Maintenance Alat Berat Bersama United Tractors

Flushing
Sangat disarankan untuk mengecek kondisi oli secara berkala dengan teknik . Alat berat yang jarang dibersihkan, padahal dipakai terus-menerus, bisa saja olinya sudah tercemar dan tak layak dipakai. Oli yang sudah terkontaminasi kotoran bisa menyebabkan proses pembakaran terganggu. Kinerja alat berat pun tidak maksimal.

Cara ini sebaiknya dilakukan oleh ahlinya, karena memang belum ditemukan cara flushing yang mudah dan bisa dipraktikkan sendiri. Sangat disarankan mengatur jadwal maintenance alat berat secara berkala agar kondisi oli tetap baik. Anda juga dapat memanfaatkan program servis yang disediakan oleh United Tractors yang bernama UT PAP Services (Program Analisa Pelumas). Program ini merupakan salah satu metode untuk mendeteksi penurunan performa suku cadang internal. UT juga telah berkolaborasi dengan laboratorium berstandar internasional untuk dapat menghasilkan data yang akurat dan terpercaya.

Selalu Gunakan Suku Cadang Resmi
Suku cadang resmi adalah yang terbaik, karena dirancang untuk melengkapi alat berat. Kalau menggunakan suku cadang tidak resmi, risikonya banyak, bahkan bisa merusak mesin. Pada alat berat, risikonya terlalu besar kalau sampai berpengaruh ke komponen lainnya. Dengan suku cadang resmi, performa alat berat jelas lebih baik, jadi sebaiknya selalu menggunakan yang resmi kalau harus mengganti beberapa komponen. United Tractors selalu menggunakan suku cadang resmi yang terjamin kualitasnya untuk seluruh produk yang ditawarkan.

Gunakan UT Connect untuk Memudahkan Kinerja Anda
United Tractors menyediakan UT Connect, aplikasi yang dirancang eksklusif untuk pelanggan United Tractors. dengan UT Connect, pelanggan bisa dengan mudah memonitor dan maintenance alat berat mereka. Salah satu fiturnya yang sangat penting adalah Service Reminder, di mana pelanggan akan diingatkan bila sudah tiba saatnya servis alat berat. Lewat aplikasi ini, bisa juga membuat jadwal servis.

Selain itu, ada fitur Maintenance Management, di mana pelanggan bisa mendapatkan data performa alat beratnya. UT Connect juga bisa dijadikan platform berkomunikasi dengan United Tractors. Pelanggan bisa mengajukan pertanyaan di sini. Sementara bagi yang membutuhkan bantuan teknis, bisa memesannya di fitur My Ticket.

Pelanggan yang menggunakan alat berat Komatsu bisa memanfaatkan fitur Report Monthly KOMTRAX. Di sini pelanggan akan mendapatkan laporan bulanan terkait performa, jadwal servis berkala, dan peringatan apabila ada hal-hal yang tidak sesuai dengan seharusnya.

Pelanggan United Tractors dimudahkan dengan aplikasi UT Connect. Hanya dengan aplikasi mobile, bahkan bisa menjadwalkan servis sampai memesan suku cadang yang dibutuhkan untuk performa alat berat. Tampilan antarmukanya ramah pengguna dan transaksi online pun sangat mudah di UT Connect.

Baca juga : UT Connect, Aplikasi Maintenance Alat Berat yang Mempermudah Bisnis Mitra Usaha

Related News & Promo

4 Reliable Heavy Equipment Maintenance Programs from United Tractors
Maintenance, Maintenance Alat Berat, Perawatan Alat Berat, United Tractors

4 Reliable Heavy Equipment Maintenance Programs from United Tractors

Continue reading
8 Tips for Maintaining a Mining Truck to Keep Them in Prime Condition
Distributor Alat Berat, Jual Alat Berat, Maintenance, Perawatan Alat Berat, UT Connect

8 Tips for Maintaining a Mining Truck to Keep Them in Prime Condition

Continue reading
Types of Heavy Equipment Used in Coal Mining
Alat Berat, Distributor Alat Berat, Jual Alat Berat

Types of Heavy Equipment Used in Coal Mining

Continue reading
4 Types of Heavy Equipment for Excavating Soil
Alat Berat, Jual Alat Berat

4 Types of Heavy Equipment for Excavating Soil

Continue reading
logo-ut-connect logo-ut-connect logo-ut-connectlogo-ut-connect logo-ut-connectlogo-ut-connect icon-arrow

We use cookies to enhance and personalize your browsing experience.
By using our microsite and services, you consent to the use of the cookies.

Accept Decline