News & Promo

(Indonesia) Mengenal Komponen-komponen Penting pada Excavator

23 August 2023

Sorry, this entry is only available in Indonesia.

komponen-penting-excavatorExcavator merupakan salah satu jenis alat berat yang sering kita jumpai di berbagai proyek dan sektor dan seringkali digunakan untuk menggali, memindahkan, dan meratakan tanah. Sebagai alat berat yang digunakan untuk pekerjaan dengan intensitas tinggi, excavator memerlukan perawatan dan penggantian suku cadang yang tepat agar tetap dapat berfungsi dengan optimal.

Berikut adalah beberapa jenis komponen excavator yang perlu diperhatikan:

  1. Kabin
    Komponen pertama yang menjadi bagian penting pada sebuah excavator adalah kabin, atau disebut juga dengan cab.  Kabin ini berfungsi sebagai ruang kendali operator untuk mengoperasikan alat berat. Secara umum, kabin sebuah excavator dapat menampung hingga 2 orang, namun yang sering terjadi di lapangan hanya 1 operator saja yang dibutuhkan untuk mengoperasikan excavator. Selain untuk pusat ruang kendali operator, kabin juga memiliki peran penting dalam menjaga keselamatan dan kenyamanan operator selama melakukan pekerjaan di lapangan.
  2. Mesin
    Sumber penggerak dari sebuah excavator adalah komponen yang satu ini. Pada excavator Komatsu, mesin hidroliknya terletak di belakang kabin dan memiliki ukuran yang sangat besar. Maka dari itu, di bagian mesinnya terdapat counterweight atau penyeimbang yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan excavator ketika bekerja di medan yang berat. Seperti kendaraan pada umumnya, mesin pada sebuah excavator perlu dirawat dengan baik agar selalu beroperasi dalam kondisi prima.
  3. Track
    Roda atau kaki dari sebuah excavator memiliki kemiripan dengan kendaraan tank, yaitu roda yang dibalut dengan rantai besi. Bentuk ini digunakan dengan tujuan agar excavator dapat bermanuver dengan leluasa di medan yang berat dan juga curam seperti di sektor pertambangan batu bara, nikel, emas, dan lainnya. Pastikan untuk selalu memperhatikan kondisi track pada excavator Anda sebelum memulai pekerjaan.
  4. Boom
    Boom atau sering disebut sebagai stick, adalah salah satu komponen penunjang produksi pada excavator yang menghubungkan kabin dengan arm. Berkat ukurannya yang panjang, boom memungkinkan arm untuk mencapai area yang lebih jauh dan dapat bekerja secara optimal saat melakukan fungsi penggalian atau kegiatan lainnya.
    Sebagai komponen excavator yang penting, boom harus dirawat dan diperiksa secara berkala agar selalu berada dalam kondisi baik dan dapat bekerja dengan efisien di lokasi kerja. Boom yang rusak atau aus dapat mengurangi kinerja dan bahkan membahayakan keselamatan operator, sehingga perawatan dan penggantian suku cadang yang tepat sangatlah penting.
  5. Arm
    Arm adalah komponen yang menghubungkan antara boom dan bucket pada excavator. Fungsinya sangat penting, yaitu memungkinkan bucket untuk mencapai area yang jauh dan bergerak dengan lebih fleksibel. Di bagian arm, terdapat arm cylinder yang berbentuk tabung untuk menggerakkan arm dan bucket cylinder yang berfungsi untuk menggerakkan bucket. Kedua komponen ini sangat krusial dalam memastikan kinerja excavator berjalan dengan lancar dan optimal.
  6. Bucket
    Bucket merupakan komponen utama pada excavator yang berbentuk seperti keranjang dengan gigi atau garpu di bagian ujungnya.  Fungsi utamanya adalah untuk melakukan penggalian material. Gigi pada bucket memiliki peran penting dalam mempermudah proses pengerukan.
    Terdapat berbagai jenis bucket yang tersedia, di antaranya adalah slope bucket yang dirancang untuk meratakan permukaan, rock bucket dengan gigi yang lebih renggang dan berguna untuk menembus batu-batu serta menarik akar pohon, serta clamshell bucket yang mampu menjepit dan bergerak secara tegak lurus. Setiap jenis bucket memiliki kegunaan yang berbeda-beda dan dipilih sesuai dengan jenis pekerjaan yang akan dilakukan.
  7. Swing Drive
    Swing drive merupakan sebuah komponen yang memungkinkan excavator untuk dapat berputar 360 derajat, komponen ini berupa engsel yang menghubungkan bodi dengan track excavator. Swing drive memudahkan operator untuk bekerja di berbagai kondisi area ke berbagai arah. Komponen ini juga meningkatkan efisiensi pengoperasian serta meringankan pekerjaan operator di lapangan.

Komponen-komponen yang telah disebutkan merupakan komponen esensial pada excavator yang berperan untuk menunjang serta meningkatkan produktivitas dan efisiensi Mitra Usaha selama bekerja di lapangan. Untuk itu, perlu adanya perhatian khusus terkait perawatan komponen tersebut secara berkala dan penggantian suku cadang bila diperlukan. Pastikan Anda memilih suku cadang yang sesuai dengan tipe excavator yang digunakan dan selalu menggunakan suku cadang asli dari Komatsu, agar kinerja excavator berjalan dengan optimal. Anda dapat menemukan suku cadang excavator Komatsu di United Tractors Connect, aplikasi yang jual suku cadang alat berat, bus, truk, dan crane secara lengkap dan pastinya orisinal.

Related News & Promo

4 Reliable Heavy Equipment Maintenance Programs from United Tractors
Komatsu, Maintenance Alat Berat, United Tractors

4 Reliable Heavy Equipment Maintenance Programs from United Tractors

Continue reading
8 Tips for Maintaining a Mining Truck to Keep Them in Prime Condition
Distributor Alat Berat, Jual Alat Berat

8 Tips for Maintaining a Mining Truck to Keep Them in Prime Condition

Continue reading
Types of Heavy Equipment Used in Coal Mining
Alat Berat, Distributor Alat Berat, Excavator, Jual Alat Berat

Types of Heavy Equipment Used in Coal Mining

Continue reading
4 Types of Heavy Equipment for Excavating Soil
Alat Berat, Excavator, Jual Alat Berat, Komatsu

4 Types of Heavy Equipment for Excavating Soil

Continue reading
logo-ut-connect logo-ut-connect logo-ut-connectlogo-ut-connect logo-ut-connectlogo-ut-connect icon-arrow

We use cookies to enhance and personalize your browsing experience.
By using our microsite and services, you consent to the use of the cookies.

Accept Decline